FAKTOR YANG MEMOTIVASI PEDAGANG UMKM DARI LUAR SULAWESI UTARA BERDAGANG DI BITUNG

Authors

  • Bernadette Jaqualine Stephanie Universitas Sam Ratulangi
  • Gabriella Clarisa Runtunuwu Universitas Sam Ratulangi
  • Gracia Putri Ayu Universitas Sam Ratulangi
  • Aspian Barham Sio
  • Joubert Maramis

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44726

Abstract

Peningkatan Ekonomi menjadi tujuan utama dalam berdagang yang mana peranan para pedagang sangat berpengaruh terhadap ekonomi nasional. Kondisi saat ini banyak didominasi oleh pedagang UMKM berasal dari luar daerah dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi sosial dan juga ekonomi mereka dengan modal usaha yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modal usaha dan kondisi sosial ekonomi terhadap motivasi pedagang UMKM dari luar Sulawesi Utara untuk berdagang di Bitung. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Sulawesi Utara Kota BItung Kecamatan Matuari. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah regresi linear berganda (OLS). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, data diolah dengan kebutuhan model yang digunakan. Sumber data berasal dari interview, observasi, dan kuesioner terbuka. Responden sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variable modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi pedagang UMKM dari luar Sulawesi Utara untuk berdagang di Bitung, sedangkan variabel kondisi sosial ekonomi tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi pedagang UMKM dari luar Sulawesi Utara untuk berdagang di Bitung.

 

Kata Kunci: motivasi, modal usaha, kondisi sosial ekonomi

Downloads

Published

2022-12-24