TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL V MANADO

Authors

  • Seiby Lowing Jurusan Akuntansi
  • Jantje Tinangon Jurusan Akuntansi
  • Stanley Walandouw Jurusan Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4486

Abstract

Manajemen mutu total (TQM) merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Kinerja seorang manajer mempengaruhi kepuasan pelanggan dan perusahaan. Implementasi dari TQM harus diikuti dengan meningkatkan kinerja manajerial. PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado telah menerapkan TQM sesuai dengan standar yang berlaku pada TQM. Dalam perusahaan semua manajemen diarahkan pada satu tujuan yaitu terciptanya kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apakah TQM berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado. Metode yang digunakanadalah asosiatif untuk melihat pengaruh antara variabel dengan teknik analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa TQM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasil analisis korelasi menunjukkan TQM memiliki hubungan yang positif dan kuat dengan kinerja manajerial, dengan demikian penting bagi manajemen perusahaan untuk memperhatikan konsistensi penerapan TQM dalam operasionalisasi usaha.

Kata kunci: total quality management , kinerja manajerial

Author Biographies

Seiby Lowing, Jurusan Akuntansi

Universitas Sam Ratulangi Manado

Jantje Tinangon, Jurusan Akuntansi

Universitas Sam Ratulangi Manado

Stanley Walandouw, Jurusan Akuntansi

Universitas Sam Ratulangi Manado

Downloads

Published

2014-05-12