PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL PADA UD. MARTABAK MAS NARTO DI MANADO

Authors

  • Pricilia Pricilia Jurusan Akuntansi
  • Jullie J. Sondakh Jurusan Akuntansi
  • Agus T. Poputra Jurusan Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4488

Abstract

Biaya produksi harus dicatat dengan baik dan dihitung dengan benar sehingga dapat menghasilkan harga pokok produk yang tepat. Dengan demikian perusahaan dapat menetapkan harga jual yang kompetitif, yang dapat mengoptimalkan laba sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dalam menetapkan harga jual martabak sudah sesuai dengan perhitungan akuntansi biaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan metode full costing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan perhitungan (HPP) dilakukan dengan menggunakan intuisi atau naluri dari pimpinan perusahaan. Hasil akhirnya bahwa HPP menurut perusahaan UD. Martabak Mas Narto lebih tinggi dari pada HPP yang telah ditentukan berdasarkan perhitungan akuntansi biaya. Sebaiknya pimpinan menganalisis kembali berapa seharusnya harga jual yang sesuai dengan permintaan masyarakat pada umumnya, dan untuk menentukan kelayakan harga jual perusahaan dapat meminimalisir kerugian karena calon pembeli tidak berpindah.

Kata kunci: harga pokok produksi, harga

Author Biographies

Pricilia Pricilia, Jurusan Akuntansi

Universitas Sam Ratulangi Manado

Jullie J. Sondakh, Jurusan Akuntansi

Universitas Sam Ratulangi Manado

Agus T. Poputra, Jurusan Akuntansi

Universitas Sam Ratulangi Manado

Downloads

Published

2014-05-12