Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM Dengan Kinerja Pemasaran Sebagai Variabel Intervening di Kabupaten Minahasa

Authors

  • Aprilia Dewi Supit Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi
  • Woran Djemly Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44987

Abstract

Kinerja UMKM yang meningkat merupakan salah satu faktor keberhasilan dari kreativitas, inovasi dan pemasaran terhadap produk. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM Dengan Kinerja Pemasaran Sebagai Variabel Intervening Di Kabupaten Minahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif dan Populasi dalam penelitian ini adalah 545 Jumlah UMKM di Kabupaten Minahasa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan proportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 85 UMKM. Analisis data menggunakan analisis regresi jalur. Hasil penelitian menunjukan kreativitas berpangaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Minahasa. Inovasi berpangaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Minahasa. Kreativitas berpangaruh tidak signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Minahasa. Inovasi berpangaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Minahasa. Kinerja pemasara berpangaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM di Kabupaten Minahasa. Kreativitas berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja UMKM melalui kinerja pemasaran. Inovasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja UMKM melalui kinerja pemasaran.

Downloads

Published

2023-01-06