ANALISIS PENGELOLAAN DAN PELAPORAN KEUANGAN PADA SATUAN KERJA BIDANG KEUANGAN POLDA SULAWESI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4516Abstract
Satuan Kerja (Satker) Bidang Keuangan merupakan salah satu entitas akuntansi di bawah Lembaga Kepolisian yang berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN dalam menyusun laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) yang ada dalam DIPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pelaksanaan pengelolaan keuangan Satker Bidang Keuangan Polda Sulut sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Perkap No. 22 Tahun 2011 pada Bab II Pasal 4 yaitu tentang Pengelolaan Keuangan Negara di Lingkungan Polri dan pelaporan keuangannya apakah sudah sesuai dengan PP No.71 Tahun 2010 tentang SAP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu data yang telah dikumpulkan, dirumuskan permasalahan, dan kemudian menggambarkan secara apa adanya tentang pengelolaan dan pelaporan keuangan pada satker ini. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengelolaan dan pelaporan keuangan telah dijalankan dengan baik, dapat dilihat dari transaksi yang terjadi dimulai dengan perencanaan penarikan dana sampai dana itu dapat dicairkan berdasarkan tugas dari masing-masing pejabat pengelola keuangan Negara dan pelaporan keuangannya sudah sesuai dengan SAP yaitu PP No.71 Tahun 2010, dimana telah menghasilkan tiga bentuk laporan keuangan. Pengelolaan dan pelaporan keuangan di Satker Bidang Keuangan Polda Sulut, diharapkan dapat dipertahankan dan terus mengikuti perkembangan aturan yang berlaku.
Kata kunci: pengelolaan, pelaporan keuangan