Strategi Bisnis PT. Kurnia Abadi Kawanua Jaya Dalam Meningkatkan Penjualan Susu Ultra

Authors

  • Dave F. A. Wurara universitas sam ratulangi manado
  • Altje Tumbel
  • Reitty Samadi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45310

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis dewasa ini sangatlah ketat seiring dengan semakin meningkat dan berkembangnya
dunia bisnis modern. Dengan bertambahnya jumlah pelaku bisnis yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik
berupa barang atau jasa, para pelaku bisnis memiliki tantangan untuk mendapatkan pangsa pasar yang ada. Tujuan penelitian
ini adalah Untuk mengetahui strategi bisnis pada PT. Kurnia Abadi Kawanua Jaya. Dalam meningkatkan penjualan susu
ultra. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskrptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan strategi bisnis yang dapat dijadikan
rekomendasi PT. Kurnia Abadi Kawanua Jaya, yaitu: 1) strategi S-O, menambah jaringan pemasaran di Sulawesi Utara dalam
meningkatkan kinerja jaringan distribusi, dan menjaga kualitas produk dan pelayanan kepada konsumen, 2) strategi S-T,
penerapan harga yang kompetitif dengan produk pesaing dalam setiap level jalur distribusi, 3) strategi W-O, melakukan
kegiatan iklan, promosi yang lebih gencar dan efektif serta melakukan riset pemasaran produk yang lebih efektif dan akurat,
dan 4) strategi W-T, meningkatkan efisiensi produk dan pemasaran. Saran dalam penelitian, yaitu PT. Kurnia Abadi Kawanua
Jaya perlu mengevaluasi kembali tentang strategi bisnis yang digunakan karena strategi bisnis merupakan peranan penting
dalam meningkatkan penjualan dan PT. Kurnia Abadi Kawanua Jaya memperbaiki manajemen yang ada supaya lebih berpikir
modern untuk melihat kearah pesaing bagaimana pesaing lain dalam mempromosikan produknya supaya laku dan terkenal,
oleh sebab itu, terus melakukan promosi agar dapat menarik konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan dan dapat
memperluas jaringan promosi dengan memanfaatkan media social untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau
jasa perusahaan seperti: instgram, whatshap dan facebook.
Kata Kunci : strategi bisnis, penjualan

Downloads

Published

2023-01-18