Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen di Masa Pandemi Covid-19 (Studi UMKM Lezato Dessert Desa Klabat)

Authors

  • Tangka, Sheren Hillary Jenifer Tangka, Sheren H.J
  • Silvya Mandey
  • Indrie Palandeng

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.45328

Abstract

Abstrak : Bauran pemasaran merupakan strategi yang penting dalam meningkatkan minat beli konsumen dan dalam
mengembangkan produk yang dijual. Tujuan penelitian ini bagaimana strategi bauran pemasaran yang dilakukan untuk
meningkatkan minat beli konsumen pada UMKM di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif, penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Sumber data dalam penelitian
ini adalah data primer dan data sekunder yang menggunakan teknik Purposive Sampling, teknik pengumpulan data pada
penelitian ini yaitu observasi lapangan, wawancara kepada 10 konsumen Lezato Dessert, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil
penelitian, Lezato Dessert menggunakan strategi pemasaran 4P (Produk, Promosi, Harga, dan Tempat) dimana strategi
produk berupa inovasi makanan dan minuman yang enak dan kekinian dengan banyak macam varian rasa, strategi promosi
berupa promo beli 2 gratis 1 selain itu promosi dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, strategi harga yaitu setiap
pembelian makanan dan minuman mendapatkan bonus vocer untuk pembelian berikutnya, dan strategi tempat berupa
membuka booth di lokasi yang strategis dan da[at mudah di jangkau, dan juga selain itu Lezato Dessert membuka beberapa
cabang diberbagai tempat bukan hanya di desa klabat saja, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas
produk dan minat beli konsumen.
Kata Kunci : strategi pemasaran, minat beli, umkm, covid-19.

Downloads

Published

2023-01-11