INVESTIGASI ALASAN KOSNSUMEN MEMBELI MOBIL MERK WULING PADA PT. WULING KUMALA MANADO DI MASA PANDEMI COVID – 19

Authors

  • Wahyuni Lababa Universitas Sam Ratulangi
  • James D. D Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Michael Ch. Raintung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45550

Abstract

Abstrak : Industry otomotif yang semakin berkembang di dorong oleh tingkat kebutuhan masyarakat yang meningkat di masa pandemic Covid – 19, sehingga perusahaan harus menentukkan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat bertahan dan memenangi persaingan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang membuat konsumen mengambil keputusan membeli mobil merk wuling pada PT. Wuling Kumala Manado di Masa Pandemi Covid – 19. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 konsumen. Sampel penelitian adalah 51 responden. Menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengelolaan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 4 faktor baru yang terbentuk dalam menentukan keputusan pembelian yaitu Pelayanan, Harga, Durability dan Fitur. Dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada PT. Wuling Kumala Manado di Masa Pandemi Covid -19 adalah faktor pelayanan.

 

Kata Kunci : Pelalyanan, kualitas produk, harga, keputusan pembelian, covid – 19.

Downloads

Published

2023-01-16