PENGARUH INFLUENCER LOKAL SEBAGAI CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP NIAT KONSUMEN MELAKUKAN PEMBELIAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45915Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh attractiveness terhadap niat konsumen, untuk mengetahui trustworthiness, terhadap niat konsumen, untuk mengetahui pengaruh expertise terhadap niat konsumen, untuk mengetahui pengaruh Pengaruh influencer lokal sebagai celebrity endorsment terhadap niat konsumen melakukan pembelian online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan dari hasil uji secara simultan di peroleh bahwa attractiveness, trustworthiness, dan expertise terhadap niat konsumen melakukan pembelian online. Dan hasil uji parsial di peroleh bahwa variabel attractiveness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat konsumen terhadap pembelian online, sedangkan variabel trustworthiness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat konsumen terhadap pembelian online. Dan expertise berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat konsumen terhadap pembelian online
Kata Kunci: attractiveness, trustworthiness, expertise.