Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Kawangkoan)

Authors

  • Dhea Gabriella Mamengko Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi
  • Michael Ch. Raintug Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45937

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu bagian penting yang menopang perekonomian di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Objek penelitian dari penelitian ini adalah pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang berada di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang masih beroperasi hingga saat ini. Populasi pada penelitian ini adalah pemilik atau pengelola UMKM. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 61 sampel. Menggunakan metode kuantitatif dengan analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis intervening (path analysis) menggunakan software IBM SPSS 25.0 Terdapat tujuh hipotesis yang digunakan, dimana terdapat satu hipotesis yang tidak diterima dan enam hipotesisis diterima. Hipotesis yang tidak diterima adalah inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Kata kunci : orientasi pasar , inovasi produk, keunggulan bersaing, dan kinerja pemasaran.

Downloads

Published

2023-01-18