PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT TNI AL DR. WAHYU SLAMET BITUNG SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Nathasya Mewengkang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi
  • Indrie D. Palandeng
  • Shinta J. C. Wangke

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Total Quality Management (TQM) yang terdiri dari Fokus
Terhadap Pelanggan, Kerjasama Tim, Komitmen Jangka Panjang, Perbaikan Berkesinambungan terhadap Kualitas
Pelayanan pada Rumah Sakit TNI AL Dr. Wahyu Slamet Bitung selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis berganda. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner, teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling terhadap 40 orang responden. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel Fokus Terhadap Pelanggan, Kerjasama Tim, Komitmen Jangka Panjang,
Perbaikan Berkesinambungan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit TNI
AL Dr. Wahyu Slamet Bitung, selain itu secara parsial Fokus Terhadap Pelanggan, Kerjasama Tim, Komitmen Jangka
Panjang, Perbaikan Berkesinambungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit
TNI AL Dr. Wahyu Slamet Bitung.

 

Kata Kunci:  total quality management, fokus terhadap pelanggan, kerjasama tim, komitmen jangka Panjang, perbaikan berkesinambungan, kualitas pelayanan

Downloads

Published

2023-01-19