PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND CHARACTERISTIC DAN EMOTIONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW DI MS GLOW PUSAT TONDANO

Authors

  • Mega Kumontoy Universitas sam ratuangi
  • Altje Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Jefry Tampenawas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46023

Abstract

Abstrak : Industri kosmetik Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga keadaan ini menimbulkan persaingan bisnis yang kompetitif dan ketat. Jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa, menjadikan Indonesia pasar yang menjanjikan bagi perusahaan kosmetik. Kendati mayoritas industri kosmetik membidik target konsumen utama kaum wanita, belakangan mulai berinovasi dengan produk-produk untuk pria. Keputusan pembelian merupakan serangkaian proses yang berawal dari konsumen mengenal masalahnya, mencari informasi tentang produk atau merek tertentu dan mengevaluasi produk atau merek tersebut seberapa baik masing-masing alternatif tersebut dapat memecahkan masalahnya, yang kemudian serangkaian proses tersebut mengarah kepada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Awareness, Brand Characteristic dan Emotional Branding secara simultan terhadap Keputusan Pembelian produk MS Glow di MS Glow Pusat Tondano. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa baik secara simultan atapun parsial Brand Awareness, Brand Characteristic dan Emotional Branding berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Untuk MS Glow pusat Tondano agar meningkatkan dan mempertahankan Brand Awareness, Brand Characteristic dan Emotional Branding nya lagi sehingga dapat lebih menarik konsumen dalam membuat keputusan pembelian.

Kata Kunci: Brand awareness, brand characteristic, emotional branding, keputusan pembelian

Downloads

Published

2023-01-19