Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung Emas di PT. Pegadaian Cabang Paal 2 Manado

Authors

  • Christ Aldrin Lombo Manajemen
  • Michael Ch. Raintung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46039

Abstract

Abstrak: Keputusan pembelian sama halnya dengan keputusan menabung merupakan pemikiran dimana individu mengevaluasi berbagai pilihan dan memutuskan pilihan pada suatu produk dari sekian banyak pilihan. Perubahan perilaku konsumen saat ini tentu saja terjadi karena adanya dorongan dari perubahan kondisi yang memaksa mereka untuk beradaptasi dengan kondisi tersebut. Namun, ada kemungkinan perilaku konsumen saat ini bertahan hingga jangka waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena konsumen pun membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian kembali pada kebiasaan dan perilaku lama mereka. Oleh karena itu, jika tanpa tujuan dan target yang ditetapkan dalam pengukuran maka Keputusan Menabung pada seseorang atau Keputusan Menabung organisasi tidak mungkin dapat diketahui bila tidak ada tolak ukur keberhasilannya Lewat permasalahan diatas mungkin dapat dapat berpengaruh pada Keputusan Menabung dengan adanya promosi, Kepercayaan dan Pengetahuan pada objek penelitian. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung Emas di PT Pegadaian Cabang Paal 2 Manado.Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung Emas di PT Pegadaian Cabang Paal 2 Manado.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT Pegadaian Cabang Paal 2 Manado sebanyak 133 orang, sample yang diambil penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus slovin, dan teknik analisis menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik penyebaran kuesioner dan teknik kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel promosi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Keputusan Menabung, variabel kepercayaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Keputusan Menabung, dan variabel Pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Menabung.
Simpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan Keputusan Menabung organisasi dapat dicapai melalui pembaharuan profesionalisme, kreativitas, dan kesejahteraan. Saran bagi PT Pegadaian Cabang Paal 2 Manado adalah Penting bagi pihak PT Pegadaian Cabang Paal 2 Manado agar memperhatikan internal dan Pengetahuan yang menjadi determinan Keputusan Menabung.

Kata Kunci: Pemasaran Online, Kepercayaan, Pengetahuan, Keputusan Menabung

Downloads

Published

2023-01-26