PENGARUH CITRA PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS NASABAH LOGAM MULIA PADA PT. PEGADAIAN UPC TINGKULU
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46158Abstract
Logam mulia menjadi salah satu produk yang banyak diminati atau dibeli oleh masyarakat karena logam mulia tidak mengalami penyusutan, memiliki resiko yang rendah dan aman untuk disimpan sehingga itu yang membuat masyarakat banyak memilih untuk membeli logam mulia, banyak lembaga keuangan bank maupun nonbank yang menawarkan jasa untuk membeli logam mulia tidak terkecuali PT Pegadaian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh citra produk dan harga terhadap loyalitas nasabah logam mulia pada PT. Pegadaian UPC Tingkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah loyal pada PT. Pegadaian UPC Tingkulu, yang berjumlah 311 orang. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 76 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Melalui uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah. Citra produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah logam mulia pada PT. Pegadaian UPC Tingkulu.
Kata Kunci: citra produk, harga, loyalitas nasabah