PENGARUH PROMOSI, PHISICAL EVIDENCE, HARGA PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46181Abstract
E-commerce merupakan tempat transaksi jual beli didalam teknologi atau media digital aplikasi dan proses bisnisnya menghubungkan perusahaan dan konsumen dengan transaksi berbagai komoditi dalam skala luas serta komunitas antar suatu wilayah ke wilayah lainnya menggunakan transportasi sampai kepada pembeli. E-commerce telah menjadi platform transaksi jual beli yang sangat besar dan berpengaruh baik bagi proses jual beli barang di Indonesia tidak hanya berperan sebagai platform jual beli namun membuat para pelaku usaha lebih diuntungkan dengan kemudahan penjualan serta para konsumen lebih mudah untuk mengakses produk yang mereka inginkan. E-commerce sangat membantu pergerakan ekonomi dan terbukanuya lapangan pekerjaan karena dampak pergerakan ekonnomi dari transaksi jual beli lebnih mudah. E-commerce shopee jugalah salah satu pemeran penting sebagai platform e-commerce shopee di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Promosi,Physical Evidence dan Harga Pemasaran Digital terhadap keputusan pembelian E-commerce Shopee di Kota Manado. Populasi penelitian ini adalah Konsumen Shopee Di kota manado yang pernah membeli produk di Shopee. Teknik pengambilan sample penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Promosi,Physical evidence dan Harga pemasaran digital E-commerce Shopee berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: promosi, phisical evidence, harga, keputusan pembelian