MARKETING STRATEGY IN INCREASING HOUSING SALES VOLUME AT PT. ELFANDO BERSAUDARA SENTOSA IN NORTH MINAHASA

Authors

  • Eugenius Vivaldy Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W. J. Ogi
  • Debry Ch. A. Lintong

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan PT. Elfando Bersaudara Sentosa dalam peningkatan volume penjualan perumahan di Minahasa Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Subjek penelitian yaitu 20 pembeli rumah Citra Regency 1, 2, dan 3, dan dari hasil wawancara dengan 20 orang ini dipilih lagi 5 orang pembeli rumah Citra Regency 1, 2, dan 3 yang akan dilampirkan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan PT. Elfando Bersaudara Sentosa dengan menggunakan strategi STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) berpengaruh positif bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Analisis Strategi STP yang diterapkan PT. Elfando Bersaudara Sentosa yaitu fokus membidik segmen pasar menengah kebawah dan memilih target pasar adalah masyarakat yang memiliki penghasilan dan pekerjaan yang tetap serta perusahaan juga selalu mempertahankan kualitas rumah yang ditawarkan dan juga berusaha menjawab komplainan dari pembeli.

 

Kata Kunci: strategi pemasaran, STP (segmenting, targeting, dan positioning), volume penjualan

Downloads

Published

2023-02-23