PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TRANSPORTASI ONLINE (STUDI KASUS GOJEK DAN MAXIM DI KOTA MANADO)

Authors

  • Bagus Dwiseptiawan Mardjani Universitas Sam Ratulangi
  • S. L.H. V. Joyce Lapian
  • Maryam Mangantar

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46658

Abstract

Di jaman yang semakin canggih sekarang ini, transportasi online sudah jadi bidang usaha yang sangat penting dikalangan masyarakat, dengan adanya pertumbuhan populasi manusia mengakibatkan semakin banyak permintaan dalam bidang transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen secara simultan maupun parisal pada transportasi online Gojek dan Maxim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa harga, promosi dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Gojek dan Maxim. Harga secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan konsumenp pada Gojek, sedangkan pada Maxim secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan. Promosi secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Gojek, sedangkan pada Maxim secara parsial promosi tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen baik pada Gojek maupun Maxim. 

 

Kata Kunci: harga, promosi, kualitas layanan, kepuasan konsumen

Downloads

Published

2023-03-05