PENGARUH PRESEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MITSUBISHI XPANDER PADA SAAT PENURUNAN PAJAK PPnBM PEMERINTAH DI KOTA MANADO

Authors

  • Jacklyn Veren Gita Rumimpunu Universitas Sam Ratulangi
  • Rudy Steven Wenas
  • Maria V. J. Tielung

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46881

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa produsen-produsen otomotif diberbagai belahan dunia untuk menutup fasilitas produksinya. Maka terbitlah kebijakan pemerintah untuk mendiskon pajak untuk pembelian mobil baru. Yaitu pajak PPnBM. Yang artinya pajak yang dipergunakan pemerintah untuk memungut pajak dari masyarakat yang relatif memiliki kemampuan daya beli yang besar, sehingga menciptakan keseimbangan pajak karena pajak PPnBM tidak masyarakat berpendapatan rendah.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji seberapa besar pengaruh presepsi harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil Mithsubishi Xpander. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 100 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode Regresi Linear Berganda.penelitian ini menemukan bahwa secara simultan presepsi harga, kualitas produk, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen mobil Mithsubishi Xpander pada saat penurunan pajak PPnBM pemerintah di kota Manado.

 

Kata Kunci : presepsi harga, kualitas produk, citra merek, keputusan pembelian.

Downloads

Published

2023-03-14