PENETAPAN HARGA JUAL DENGAN COST PLUS PRICING MENGGUNAKAN PENDEKATAN FULL COSTING PADA UD GLADYS BAKERY

Authors

  • Jessica Claudia Moray Universitas Sam Ratulangi Manado
  • David Paul Elia Saerang Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Treesje Runtu Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4719

Abstract

Setiap badan usaha didirikan pada prinsipnya bertujuan untuk mendapatkan laba, yang diperoleh dari kegiatan usaha dan dapat bersaing dalam pasar. Harga jual yang terlalu tinggi akan menjadikan produk kurang bersaing di  pasar, sementara harga jual yang terlalu rendah tidak akan memberikan keuntungan bagi pengusaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penetapan harga jual pada UD. Gladys Bakery dengan harga jual menurut metode cost plus pricing menggunakan pendekatan full costing sehingga dapat menghasilkan laba yang maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan harga jual dari UD. Gladys Bakery hanyalah harga jual relative yaitu harga jual yang mengikuti harga pasar. Harga jual menggunakan metode cost plus pricing menggunakan pendekatan full costing. Harga jual dengan menggunakan metode ini lebih rendah dibandingkan dengan metode yang telah dipakai perusahaan sebelumnya. Perusahaan sebaiknya menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing dalam menghitung harga jual sehingga harga jual yang dicapai perusahaan dapat bersaing dengan produk sejenis yang ada dipasaran.

Kata kunci: cost plus pricing, full costing, harga jual produk

Author Biographies

Jessica Claudia Moray, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

David Paul Elia Saerang, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Treesje Runtu, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2014-06-02