PENGARUH KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA DAN HUMAN RELATION TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN MINAHASA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.47224Abstract
Suatu perusahaan didirikan dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya, yang pada umumnya adalah bertahan hidup, berkembang, dan menghasilkan laba. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai maka perusahaan harus memperhatikan dan memelihara para pekerjanya dengan baik agar kinerja pegawai tidak menurun karena kurang mendapat perhatian dari perusahaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah yaitu untuk mengetahui pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Human Relation terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 30 Responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukan Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Human Relation secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai. Kompensasi secara parsial memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan. Lingkungan Kerja secara parsial berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Human Relation secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Pihak perusahaan sebaiknya menciptakan situasi kerja yang nyaman, aman dan kondusif, untuk meminimalisasi timbulnya penurunan Kinerja Pegawai.
Kata Kunci: Kompetensi, lingkungan kerja, human relation, kinerja