MINAT BELI SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK EMINA (STUDI PADA MAHASISWI DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO).

Authors

  • Tamaria Monica Napitupulu Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Altje L. Tumbel
  • Hendra N. Tawas

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.47257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif dengan total jumlah populasi sebanyak 3.605 orang mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado dengan sampel sebanyak 100 orang responden yang akan dibagikan kuesioner. Alat uji instrument yang digunakan berupa uji validitas, Uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan program SPSS versi 27. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Brand Image terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, dan Celebrity Endorser terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Brand Image terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Celebrity Endorser terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Minat Beli terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli, dan Celebrity Endorser berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli.
Kata Kunci: Brand Image, Celebrity Endorser, Minat Beli, Keputusan Pembelian.

 

Kata Kunci: brand image, celebrity endorser, minat beli, keputusan pembelian

Downloads

Published

2023-03-17