STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN KREASI DI PT. PEGADAIAN CABANG MANADO SELATAN

Authors

  • Kezia Sondakh Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.47313

Abstract

Abstrak: Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap suatu bisnis atau usaha. Maka tidak heran jika setiap perusahaan melakukan berbagai macam strategi pemasaran agar dapat meningkatkatkan volume penjualannya. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah produk pembiayaan Kreasi PT Pegadaian cabang Manado Selatan yang merupakan salah satu produk dari PT. Pegadaian yang memberikan pinjaman kepada masyarakat yang memanfaatkan jasa gadai untuk mengatasi masalah keuangannya dengan kredit Kreasi dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan konstruksi penjaminan kredit secara jaminan fidusia atau jaminan gadai, yang diberikan kepada pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang membutuhkan dana untuk keperluan pengembangan usaha dengan minimal usaha sudah berjalan 1 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi pemasaran Produk Pembiayaan Kreasi di PT. Pegadaian cabang Manado Selatan. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam menjalan strategi pemasaran PT. Pegadaian (persero) cabang Manado Selatan sudah melakukan prosesnya dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari bagaimana PT. Pegadaian (persero) cabang Manado Selatan melakukan segmentasi, targeting, dan positioning dalam memasarkan produk KREASI. Adapun hambatan-hambatan yang di alami oleh PT. Pegadaian (persero) cabang Manado dalam melakukan strategi pemasaran adalah dimana pada masa pandemi covid-19 terjadi penurunan jumlah nasabah yang begitu besar, sehingga PT. Pegadaian (persero) cabang Manado mengalami kesulitan dalam memasarkan produk KREASI. Perlu adanya peningkatan dalam strategi pemasaran yang di terapkan sehingga strategi yang di terapkan dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi, Targeting, Positioning

Downloads

Published

2023-03-27