ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PT. SINAR PASIFIK INTERNUSA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4733Abstract
Hasil produksi dari berbagai sektor yang dihasilkan kemudian akan dipasarkan didalam daerah maupun di kirim ke luar daerah untuk dipasarkan. Ada lagi kebutuhan akan barang-barang yang belum tercukupi diluar daerah kemudian membeli barang-barang dari pasar ataupun toko yang ada di Manado. Dari kegiatan ini tentunya membutuhkan jasa pengiriman yang mampu mengirimkan barang yang cepat sampai di tangan pembeli.  Pola antrian merupakan karakteristik suatu antrian ditentukan oleh unit maksimum yang boleh ada di dalam sistemnya yang terbatas maupun tidakterbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem antrian yang efisien untuk peningkatan kinerja dan optimalisasi pelayanan pada PT. Sinar Pacifik Internusa. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif.  Kesimpulan penelitian ini adalah, sistem antrian yang diterapkan pada PT. Sinar Pacifik Internusa adalah jenis sistem antrian model Multiple Channel Query System atau M/M/S, dimana terdapat beberapa Teller (front desk staff) yang dapat melayani para pelanggannya, namum fase yang dilewati oleh pelanggan untuk melakukan transaksi melalui teller hanya satu kali. Dengan demikian tidak terjadi penumpukan atau penundaan terhadap pengiriman barang,  Hasil analisis menunjukkan model untuk sistem pelayanan kondisi real yaitu M/M/S model First in first out (FIFO), dan rata-rata waktu pelayanan selama 20 menit untuk setiap pelanggan.
Kata kunci: sistem antrian, optimalisasi pelayanan