ANALISIS PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN MM JUICE MANADO

Authors

  • Angganeta Lembong UNSRAT
  • Christoffel Kojo
  • Yantje Uhing

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.47363

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan menganalisis pemanfaatan digital marketing dalam meningkatkan pembelian konsumen pada Rumah Makan MM Juice Manado, dan 2) untuk mengetahui dan menganalisis dampak pemanfaatan digital marketing dalam meningkatkan pembelian konsumen pada Rumah Makan MM Juice Manado. Pemanfaatan media digital untuk bisnis tidak hanya sekadar kegiatan pemasaran tambahan saja, tetapi juga merupakan mekanisme komunikasi terintegrasi yang memperkuat dampak dari setiap fungsi di dalam sebuah organisasi dengan memanfaatkan kekuatan jejaring manusia melalui sebuah platform. Digital marketing menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen/pelanggan dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa perusahaan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional dan beralih ke pemasaran modern. Metode penelitian yang diigunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran menggunakan digital marketing memberikan manfaat dalam hal peningkatan pembelian konsumen dan peningkatan penjualan produk makanan khususnya di rumah makan MM Juice Manado. Pemanfaatan digital marketing dalam peningkatan pembelian konsumen yang dilakukan lewat media sosial diantaranya facebook, Instagram, whatsapp dan gojek (gofood) menjadi salah satu alternative awal bagi pemula bisnis untuk memasarkan produk dikarenakan dengan digital marketing dapat memberikan rasa nyaman dan manfaat yang baik bagi para konsumen yang membeli/memesan suatu produk makanan pada rumah makan MM Juice Manado.

 

Kata Kunci: pemanfaatan digital marketing, pembelian konsumen

Downloads

Published

2023-03-25