ANALISIS SWOT TERHADAP PENENTUAN STRATEGI LAYANAN INDIHOME DI TELKOM PLASA KOTAMOBAGU
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.47720Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor internal (strength dan weakness) dan faktor eksternal (opporynities dan threats) serta penerapan strategi pada layanan IndiHome di Telkom Plasa Kotamobagu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2022, dengan objek penelitian adalah Telkom Plasa Kotamobagu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentassi dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan Analisis SWOT. Dari Hasil penelitian dapat diketahui, Telkom Plasa Kotamobagu berada pada kuadran 1 yang artinya faktor internal lebih kuat dibandingkan dengan faktor eksternal perusahaam. Pada posisi tersebut, perusahaan sangat di untungkan, sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang ada semaksimal mungkin dan dapat mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Untuk strategi pemasaran pada Layanan IndiHome Telkom Plasa Kotamobagu yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi SO yang memanfaatkan kekuatan dan peluang Layanan IndiHome Telkom Plasa Kotamobagu
Kata kunci : Analisis SWOT, strategi layanan.