Strategi penjualan dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di apotek kimia Farma Sam Ratulangi Manado

Authors

  • Anggreyna Tumanduk Unsrat
  • Willem J.F.A. Tumbuan Universitas Sam Ratulangi
  • Jane G. Poluan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.47865

Abstract

Apotik Kimia Farma merupakan perusahaan industry farmasi pertama di Indonesia serta melayani jual beli antara
penjual dan pembeli . selain itu perusahaan memasarkan produk-produk sangat tergantung pada kiat-kiat dan strategi
pemasaran yang dilakukan karena dengan penerapan strategi yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
strategi penjualan, kualitas layanan terhadap kepuasan pelangan. konsumen di apotik kimia farma. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif asosiatif dan uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Sampel yang digunakan
accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah 100 responden. Hasil penelitian uji
t atau parsial menunjukkan bahwa strategi penjualan dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelangan. Kualitas layanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelangan. Secara
simultan strategi penjualan, dan kualitas layanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pelangan Apotik
kimia farma, sebaiknya selalu menciptakan inovasi baru dan mempertahankan strategi penjualan ,dan kualitas layanan agar
dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.


Kata Kunci: Strategi Penjualan, Kualitas Layanan, Kepuasaan Pelanggan

Downloads

Published

2023-05-17