Pengaruh Kelompok Acuan, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.47992Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan, promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian produk sepatu Ventela baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik purposive sanpiling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data statistik menggunakan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan T. Hasil penelitian menunjukan bahwa, secara simultan kelompok acuan, promosi dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Secara parsial kelompok acuan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Ventela pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Sedangkan secara parsial brand image tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Untuk pihak Ventela agar dapat memperhatikan faktor – faktor kelompok acuan dan meningkatkan promosi dan brand image sehingga produk lebih banyak diketahui dan mudah diingat oleh konsumen.
Kata Kunci: Kelompok Acuan, Promosi, Brand Image, Keputusan Pembelian