PENGARUH RISIKO SISTEMATIS, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS INDUSTRY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48188Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Risiko Sistematis, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan pada sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi yang digunakan adalah 48 perusahaan sektor Consumer Goods Industry. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 31 perusahaan yang akan dijadikan objek penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis linier berganda dengan bantuan alat SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variable Risiko Sistematis (BETA) dan Struktur Modal (DER) tidak berpengaruh terhadap Harga Saham. Sedangkan variable Ukuran Perusahaan (SIZE) berpengaruh terhadap Harga Saham. Perusahaan sebaiknya memperhatikan Risiko Sistematis, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan sehingga dapat meningkatkan Harga Saham.
Kata Kunci: risiko sistematis, struktur modal, ukuran perusahaan