Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Risiko Terhadap Minat apengguna E-Payment QRIS pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado

Authors

  • Wicky Laloan Mahasiswa
  • Rudy Wenas
  • Sjendry Loindong

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48312

Abstract

Kemudahan Penggunaan, persepsi manfaat, dan resiko merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap minat pengguna karena faktor tersebut dapat menimbulkan rasa nyaman maupun tidak nyaman bagi pelanggan. Konsumen cenderung merasa pus ketika dapat dilayani dengan baik, melakukan transaksi dengan mudah, dan aman saat melakukan proses transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan resiko terhadap minat pengguna -payment gris pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, ujit dan F, dan koefisien determinasi. Hail penelitian ini menemukan bahwa Kemudahan Penggunaan tidak berpengaruh terhadap Minat Pengguna, Persepsi Manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pengguna, Resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pengguna. Kemudahan penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Resiko secara simultan berpengaruh terhadap Mina Pengguna E-Payment QRIS pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.

Downloads

Published

2023-06-09