PENGARUH SYSTEM ACCESSIBILITY, PRIVACY, DAN EFFICIENCY TERHADAP CUSTOMER SATISFICATION PADA PENGGUNA APLIKASI TRAVELOKA DI MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48515Abstract
Abstrak: Pandemi COVID-19 yang telah bertahan lebih dari setahun membuat orang merasa terpenjara keadaaan, alhasil, masyarakat lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah mulai dari bekerja, berolahraga hingga berlibur. Beragam pembatasan saat pandemi lantas memicu masyarakat untuk melakukan Revenge Travelling. Salah satu perusahaan yang juga bergerak dalam industri e-commerce yang terpacu dengan laju perkembangan e-commerce Indonesia adalah Traveloka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh System Accessibility, Privacy, dan Efficiency yang dirasakan pengguna terhadap Customer satisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran kuisioner kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable System Accessibility (X1), Privacy (X2), dan Efficiency (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction (Y). Dapat disimpulkan bahwa variable System Accesibility (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction (Y). Dapat disimpulkan bahwa variabel Privacy (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction (Y). Dapat disimpulkan bahwa variabel Efficiency (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction (Y).
Kata Kunci: System Accessibility, Privacy, Efficiency, Customer Satisfaction, Traveloka.