EVALUASI PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) PADA PT. PLN (PERSERO) UP2B SISTEM MINAHASA

Authors

  • Miracle Undap Universitas Sam Ratulangi
  • Herman Karamoy Universitas Sam Ratulangi
  • Victorina Z. Tirayoh Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.48851

Abstract

Total Quality Management (TQM) merupakan alat strategis yang dipakai pelaku bisnis dalam melibatkan semua orang agar fokus pada kualitas. Organisasi yang berhasil menerapkan Total Quality Management (TQM) mampu meningkatkan persepsi kualitas dimata pelanggan dan sekaligus menurunkan biaya yang terjadi dalam organisasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi penerapan Total Quality Management (TQM) pada PT. PLN (Persero) UP2B Sistem Minahasa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Total Quality Management pada PT. PLN (Persero) UP2B Sistem Minahasa sudah diterapkan dengan baik. Evaluasi yang dilakukan berdasarkan 10 (sepuluh) unsur utama Total Quality Management menunjukkan bahwa unsur yaitu obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, pendidikan dan pelatihan, kebebasan yang terkendali, kesatuan tujuan, keterlibatan dan pemberdayaan karyawan telah diterapkan dengan baik oleh perusahaan. Sementara unsur fokus pada pelanggan dan perbaikan sistem secara berkesinambungan belum maksimal penerapanya oleh perusahaan.

 

Kata kunci: evaluasi, Total Quality Management

Downloads

Published

2023-07-29