Analisis Penerapan Target Costing Sebagai Sistem Pengendalian Biaya Produksi Dalam Meningkatkan Laba Pada UD Rante Tondon di Manado

Authors

  • Pricillia Malluka Universitas Sam Ratulangi
  • Harijanto Sabijono Universitas Sam Ratulangi
  • Sintje Rondonuwu` Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Penetapan biaya target berkaitan dengan perencanaan produk dan proses yang digunakan untuk produksi produk yang pada akhirnya akan menghasilkan biaya yang memungkinkan perusahaan menghasilkan laba ketika produk dijual dengan perkiraan harga yang dipandu pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan target costing dalam pengendalian biaya produksi dapat meningkatkan keuntungan pada UD Rante Tondon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari data primer dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode target costing sebagai alat dalam pengendalian biaya produksi dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Di mana dengan menggunakan metode target costing dapat meminimalisir biaya produksi produk lemari 3 pintu, meja dan pintu yang telah terjual sebesar Rp 173.507.000 sehingga persentase keuntungan yang diperoleh meningkat sebesar 25% dibandingkan jika menggunakan metode tradisional biaya produksi yang dikeluarkan adalah sangat tinggi. sebesar Rp 207.067.000 dengan persentase keuntungan hanya 9%.

Kata Kunci: Target Costing, Biaya Produksi, Rekayasa Nilai, Laba

 

Abstract: Target costing is concerned with planning the products and processes used for the production of which products will ultimately yield a cost that allows a company to make a profit when the product is sold at estimated market-guided prices. This study aims to determine whether the application of target costing in controlling production costs can increase profits at UD Rante Tondon. The type of research used in this research is descriptive research with a qualitative approach. The data obtained comes from primary data by using observation data collection techniques, interviews and documentation. The results of this study indicate that using the target costing method as a tool in controlling production costs can increase company profits. Where using the target costing method can minimize production costs for 3-door cabinet products, tables and doors that have been sold for Rp 173.507.000 so that the percentage of profit earned increases by 25% whereas when using the traditional method the production costs incurred are very high. amounting to Rp 207.067.000 with a profit percentage of only 9%.

Keywords: Target Costing, Production Cost, Value Engineering, Profit

Downloads

Published

2023-07-03