Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Pengguna Aplikasi Lazada di Kota Manado

Authors

  • Greissela Anggriani Sehangunaung Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Kepuasan yang dirasakan konsumen merupakan upaya untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan penjualan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pengguna Aplikasi Lazada Di Kota Manado. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan teknik analisis Regresi Linear Berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di Kota Manado yang berbelanja online di Lazada. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengumpulan sampel menggunakan pendapat Ferdinand yang menyatakan ukuran sampel tergantung pada jumlah indikator yang digunakan dalam seluruh variabel laten, jumlah sampel adalah jumlah indicator dikali 5. Pada penelitian ini menggunakan 21 indikator, sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 105 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna Apikasi Lazada di Kota Manado.

 

Kata Kunci: Harga, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen.

Downloads

Published

2023-07-04