Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran dan Biaya Kualitas Terhadap Laba Bersih (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI Tahun 2018-2020)

Authors

  • Afiansyah Makalalag Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi
  • Ventje Ilat
  • Stanley Kho Walandouw

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya kualitas terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 27 sampel perusahaan yang terpilih dari 84 perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Pengolahan data penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS 26. Hasil dari penelitian ini secara parsial biaya produksi berpengaruh terhadap laba bersih, biaya pemasaran berpengaruh terhadap laba bersih dan biaya kualitas tidak berpengaruh terhadap laba bersih.

Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Biaya Kualitas, Laba Bersih

Downloads

Published

2023-07-11