Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan pada PT. Pos Indonesia, Kantor Cabang Manado
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49134Abstract
Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Sistem pengendalian manajemen diperlukan untuk mengendalikan strategi perusahaan agar berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan perusahaan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas perusahaan diperlukan pengendalian manajemen yang baik dari perusahaan, agar dapat menghasilkan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, untuk mengetahui apakah proses sistem pengendalian manajemen sudah diterapkan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan analisis perbandingan antara data dan teori sistem pengendalian manajemen. Dari hasil analisis data yang dilakukan, menunjukan bahwa proses perencanaan strategisnya belum diterapkan secara maksimal dikarenakan PT. Pos Indonesia, Kantor Cabang Manado hanya melaksanakan program kerja yang dibagikan oleh Kantor Pusat. Namun pada proses penyusunan anggaran, pelaksanaan, serta evaluasi kinerja sudah diterapkan dengan benar, dan menghasilkan pengaruh yang baik sehingga mampu meningkatkan kinerja perusahaan.
Kata Kunci: sistem pengendalian manajemen, kinerja perusahaan