Pengaruh Kinerja Pemasaran dan Kualitas Produk terhadap Perkembangan UMKM di Kelurahan Teling Atas pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Andhini Nuranti Putri Tuluki Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwati ` Soepeno Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49201

Abstract

Pada masa pandemic covid-19 kinerja pemasaran dan kualitas merupakan suatu strategi pemasaran yang penting dalam mengembangkan suatu UMKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kinerja pemasaran dan kualitas produk terhadap perkembangan UMKM di Kelurahaan Teling Atas pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan alat analisis data SPSS 21. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 91 responden pelaku UMKM yang ada di Kelurahaan Teling Atas. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pembagian kuesioner via Google Form. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pemasaran (X1) dan Kualitas Produk (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM (Y), dan secara parsial Kinerja Pemasaran (X1) dan Kualitas Produk (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM (Y).

Kata Kunci: kinerja pemasaran, kualitas produk, perkembangan UMKM

Downloads

Published

2023-08-15