Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada PT. Suluh Jaya Abadi

Authors

  • Exel Tampi FEB unsrat

Abstract

Abstrak: Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis yang dilakukan bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk pada PT. Suluh Jaya Abadi. Untuk menganalisis strategi pemasaran pada PT. Suluh Jaya Abadi dengan  menggunakan bauran pemasaranm (marketing mix) yang terdiri dari 4P (Product, Price, Place Promotion). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk menggambarkan keadaan di lapangan. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sampel dua owner/karyawan dan dua pelanggan. Penelitian ini selain dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif juga menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunanity, Threat). Hasil analisis yang diperoleh dari tabel matriks IFAS dan tabel matriks EFAS, diketahui bahwa nilai IFAS nya adalah 3,28 dan nilai EFAS nya adalah 3,02. Dari masing-masing matriks tersebut memiliki faktor-faktor yang dapat mempengaruhi untuk meningkatkan penjualan produk pada PT. Suluh Jaya Abadi. Analisis tersebut menyatakan bahwa pada diagram SWOT 4 kuadran PT. Suluh Jaya Abadi berada pada kuadran I yang berarti strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan adalah strategi agresif, yang di mana hasilnya perusahaan masuk ke dalam fase growth yang berkonsentrasi melalui integrasi horizontal di mana perusahaan telah berkembang dan menjadi kuat serta mempunyai peluang yang besar untuk maju.

 

Kata Kunci: strategi pemasaran, Analisis SWOT, matriks IFAS, matriks EFAS

Downloads

Published

2023-07-14