Analisis Brand Image, Brand Trust dan Viral marketing terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi

Authors

  • Gerry Owen Rambing Universitas Sam Ratulangi
  • Agus Supandi Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S. R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49346

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust dan viral marketing terhadap keputusan pembelian Iphone pada mahasiswa FEB Unsrat. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 92 responden. Data yang digunakan adalah data hasil survey melalui media kuesioner/angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, brand trust dan viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image dan brand trust secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan viral marketing secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Perusahaan sebaiknya mengkombinasikan strategi pemasaran yang fokus memperkuat brand image dan brand trust melalui viral marketing yang efektif untuk mencapai tujuan pemasaran secara optimal sehingga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada merek iPhone.

Kata Kunci : Brand image, Brand trust, viral marketing, keputusan pembelian.

Downloads

Published

2023-08-28