Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Sepeda Motor Honda pada PT. Nusantara Surya Sakti Dealer Honda Amurang
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49348Abstract
Sebuah Perusahaan dapat meningkat apabila pemasaran menjadi pendorong dalam meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini dilakukan di kota amurang kecematan amurang Sulawesi Utara, Tujuannya adalah untuk kebijakan yang harus dilakuakan oleh perusahaan dalam meningkatkan pemasaran sepeda motor merek Honda pada PT. Nusantara Surya Sakti Dealer Honda Amurang. Hasil penelitian ini sebagai bahan informasi bagi pengembangan masa depan perusahaan penyalur sepeda motor merek “Honda”. Metode analisa data dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatis yaitu suatu metode penelitian yang menggambarkan suatu gejalah dan peristiwa pada masalah aktual atau mencari fakta dengan interpretasi yang tepat dalam lapangan. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sampel kepalah cabang, karyawan bagian pemasaran dan konsumen pada PT. Nusantara Surya Sakti. Hasil penelitian dengan analisis SWOT yang melalui tahap matriks EFE, IFE, SWOT Kuantitatif dan SWOT Kualitatif, bahwa nilai IFE =3,10 dan EFE=3,02 didapatkan berada pada kuadran 1 yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif sehingga jenis-jenis strategi yang sesuai terhadapat PT. Nusantara Surya Sakti Dealer Honda Amurang adalah strategi pengembangan pasar. Maka dari itu perusahaan harus mempertahankan kebutuhan dan keinginan dari konsumen agar penjualan sepeda motot dapat bertahan ataupun akan meningkat.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran , Analisis SWOT, Volume Penjualan, Dealer Honda, Matriks IFE , Matriks EFE