ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) MANADO

Authors

  • Virginia Koloay Universitas Sam Ratulangi
  • Jessy D.L. Warongan
  • Victorina Z. Tirayoh

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49389

Abstract

Persaingan di bidang bisnis semakin cepat dan ketat, khususnya di industri jasa. Perusahaan memerlukan upaya untuk melakukan perbaikan terus menerus terhadap potensi sumber daya manusia, proses, dan lingkungan untuk menghasilkan kualitas produk atau jasa yang terbaik. Cara efektif dan efisien untuk meningkatkan kapabilitas tersebut adalah dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). TQM memberikan kontribusi manfaat seperti meningkatkan daya saing perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Total Quality Management pada PT. Pos Indonesia (Persero) Manado. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Total Quality Management (TQM) PT. Pos Indonesia (Persero) Manado telah di impelementasikan dan memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan dan bagi pencapaian tujuan yang ditetapkan hanya saja perlu dilakukan perbaikan khususnya pada bagian fokus pada pelanggan dan obsesi terhadap kualitas.

 

Kata Kunci: total quality management, kinerja manajerial

Downloads

Published

2023-07-24