PENGARUH TAMPILAN WEB, KEPERCAYAAN, DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI PADA MARKETPLACE SHOPEE DI MANADO

Authors

  • Defina Enggelina Laurien Polii Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel
  • Reitty L. Samadi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49578

Abstract

Abstrak: Perkembangan dunia internet dari tahun ke tahun memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan. Pengguna internet bisa melakukan kegiatan interaksi serta transaksi untuk memenuhi kebutuhan mereka, termasuk berbelanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tampilan web, kepercayaan, dan ulasan produk terhadap keputusan bertransaksi pada marketplace Shopee di Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel yang digunakan adalah konsumen yang pernah bertransaksi minimal 3 kali yaitu sebanyak 65 responden dengan menggunakan rumus Ferdinand. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan tampilan web, kepercayaan, dan ulasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi pada marketplace Shopee di Manado. Begitu pula secara parsial variabel tampilan web, kepercayaan, dan ulasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi pada marketplace Shopee di Manado. Pihak Shopee harus mampu mempertahankan ataupun meningkatkan kualitas informasi pada tampilan web agar meningkatkan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi.

 

Kata Kunci: tampilan web, kepercayaan, ulasan produk, keputusan bertransaksi

Downloads

Published

2023-07-23