ANALISIS PENGARUH POTONGAN HARGA, CITRA MEREK, DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMIDI KEC. TOBELO TENGAH

Authors

  • Cimilivia Simange Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra Novie Tawas
  • Ferdy Roring

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.50226

Abstract

Persaingan semakin ketat akan membuat para pelaku bisnis menjadi lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen, bertujuan untuk memberikan rasa puas terhadap pelanggan dan dapat memiliki daya saing dibandingkan kompetitor kualitas pelayananlah yang menjadi poin utama dalam menjalankan bisnis ritel saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh Potongan Harga, Citra Merek dan Kepercayaan Pelanggan terhadap keputusan pembelian di Alfamidi Kec. Tobelo Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengunpulan data yang digunakan dalam penelitian berdasarkan kuesioner (angket). Dan untuk sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 Responden melalui rumus Slovin Teknik analisis data menggunakan analias linear berganda dan uji t dan f dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan potongan harga tidak berpengaruh  dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, namun citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, begitu halnya dengan kepercayaan pelannggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan, Ketiga variabel yaitu Potongan Harga , Citra Merek dan Keperyaan Pelanggan secara parsial dan simultan atau bersama-sama dapat memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamidi Kec. Tabelo Tengah.

 

Kata Kunci: potongan harga, citra merek, kepercayaan pelanggan, keputusan pembelian

Downloads

Published

2023-08-07