Pengaruh e-WOM dan Citra Merek Terhadap Minat Membeli Kembali Produk Kuliner Pada UMKM Di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara

Authors

  • Jane Poluan Universitas Sam Ratulangi
  • Merlyn Karuntu
  • Genita Lumintang

Abstract

Dalam dunia pemasaran, komunikasi memegang peranan yang sangat penting untuk menjangkau konsumen. Salah satu strategi komunikasi yang memainkan peranan penting dalam mempengaruhi sikap konsumen untuk membeli produk yaitu worth of mouth (WOM). Yang selanjutnya seiring dengan perkembangan digital lebih dikenal dengan electronic worth of mouth (e-WOM) dimana konsumen semakin mudah untuk menceritakan pengalaman mereka berupa review atau ulasan mengenai sebuah produk melalui teknologi digital ataupun platform media sosial yang ada saat ini. Semakin banyak ulasan maka semakin banyak informasi sehingga citra merek yang tertanam di benak konsumen akan semakin kuat. Citra merek yang positif akan berdampak positif juga pada minat membeli bahkan minat membeli kembali bagi konsumen yang pernah melakukan pembelian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-WOM  dan citra merek secara simultan dan parsial terhadap minat membeli kembali produk kuliner pada UMKM di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Responden dalam penelitian ini yaitu konsumen yang sudah pernah membeli produk kuliner di UMKM Kota Tomohon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel e-WOM dan citra merek secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap minat membeli kembali produk UMKM.

Kata kunci: e-wom, citra merek, minat membeli kembali, UMKM

Downloads

Published

2023-12-24