PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA

(Studi kasus tentang faktor-faktor yang berkontribusi bagi peningkatan kinerja pegawai di Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara)

Authors

  • liva pangemanan manajemen,universitas sam ratulangi
  • Victor P. K. Lengkong Universitas Sam Ratulangi
  • Yantje Uhing Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.50466

Abstract

Sumber daya manusia di instansi pemerintahan di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks dituntut untuk dapat memberikan kinerja yang baik, oleh karena itu penting untuk mengetahui faktor-faktor yang berkontribusi bagi peningkatan kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi dan penguasaan teknologi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 51 orang dan dengan menggunakan teknik total sampling, jumlah sampel sama dengan populasi yaitu 51 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, motivasi dan penguasaan teknologi secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Instansi sebaiknya mengevaluasi secara lebih mendalam terkait hasil penelitian ini yang kemudian dapat digunakan sebagai bahan dalam merumuskan kebijakan dan program strategis dengan memanfaatkan kepemimpinan, motivasi dan penguasaan teknologi sehingga kinerja pegawai dapat lebih optimal.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Penguasaan Teknologi, Kinerja Pegawai

Downloads

Published

2023-09-01