PENGARUH KOMUNIKASI, BUDAYA ORGANISASI, DAN JOB DESCRIPTION TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA MANADO

Authors

  • Tesalonika Maylenia Yusuf Universitas Sam Ratulangi
  • Lucky O. H. Dotulong
  • Jacky S. B. Sumarauw

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.50728

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Manado. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh komunikasi, budaya organisasi dan job description secara simultan dan parsial terhadap efektivitas kerja pegawai. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai di Badan Pendapatan Daerah Kota Manado, dan mengambil sampel sebanyak 92 orang pegawai dengan menggunakan metode sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan uji-F dan uji-t untuk pembuktian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan Komunikasi, Budaya Organisasi, dan Job Description berpengaruh secara simultan signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kota Manado. Selanjutnya secara parsial, Komunikasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kota Manado, Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kota Manado, Job Description berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kota Manado.

 

Kata Kunci: komunikasi, budaya organisasi, job description, efektivitas kerja

Downloads

Published

2023-09-07