PENGARUH EKSPEKTASI, DESAIN PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas sam ratulangi)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.50786Abstract
Masyarakat saat ini menginginkan kepraktisan yang tidak mengganggu moblitas sehari-hari, oleh karena ini, perkembangan teknologi tidak terlepas dari sistem penjalan saat ini, dimana teknologi memberikan kemudahan bertransaksi seperti e-commerce. Penelitian ini dianasisi secara analitis dengan menggunakan teknik kuantitatif dan data dikumpulkan melalui metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas sam ratulangi manado, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada pengaruh Ekspektasi, Desain Produk, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di e-commerce shopee. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Ekspektasi tidak berpengaruh secara signifikan atau negatif terhadap Keputusan Pembelian, Desain Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada e-commerce shopee. Hasil Pengujian variabel ekspektasi (X1), Desain Produk (X2) dan Kepercayaan Konsumen (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Kata Kunci: Ekspektasi, Desain Produk, Kepercayaan Konsumen , Keputusan Pembelian