PENGARUH BRAND TRUST, PERCEIVED QUALITY DAN AFFECTIVE COMMITMENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA NASABAH BANK SULUTGO MANADO)

Authors

  • Anisa Rohmatin Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W. J. Ogi Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi, mempertahankan pelanggan berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Pertimbangan utama perusahaan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan adalah karena semakin mahalnya biaya perolehan pelanggan baru dalam iklim kompetisi yang semakin ketat. Selain itu dalam konteks bisnis, loyalitas dijelaskan sebagai keinginan pelanggan untuk terus berlangganan pada perusahaan dalam jangka waktu yang panjang, dan merekomendasikan produk atau jasa tersebut kepada teman dan kolega. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Untuk mengetahui pengaruh brand trust, perceived quality dan affective commitment secara bersama-sama terhadap loyalitas nasabah bank Sulutgo di Manado. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.  Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara simultan variabel brand trust, perceived quality, dan affective commitment berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, namun secara parsial variabel affective commitment tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Untuk Bank SulutGo di Manado agar lebih meningkatkan dan mempertahankan faktor brand trust, perceived quality, dan affective commitment yang sudah ada sehingga dapat meningkatkan loyalitas dari nasabahnya.

 

Kata Kunci: Brand Trust, Perceived Quality, Affective Commitment, Loyalitas Nasabah

Downloads

Published

2023-09-05