Pengaruh Persepsi Harga Social Media Advertising dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Bakso Surabaya di Bahu

Authors

  • Yeremia Christofel Tenima UNSRAT
  • Silcyljeova Moniharapon Universitas Sam Ratulangi
  • Debry C. A. Lintong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.50947

Abstract

Usaha warung bakso merupakan salah satu satu usaha industri kecil yang bergerak di bidang pengolahan makanan cepat saji. Usaha warung bakso ini telah ada sejak lama dan berkembang di daerah pedesaan pada beberapa provinsi di Indonesia salah satunya yaitu di Manado.Kondisi persaingan pasar saat ini memang semakin ketat, Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah mempertahankan pelanggan yang telah ada, terus menggarap pelanggan-pelanggan potensial baru agar jangan sampai pelanggan meninggalkan perusahaan menjadi pelanggan perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, media social advertising dan word of mouth secara simultan ataupun parsial terhadap Keputusan Pembelian. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa baik secara simultan atapun parsial persepsi harga, media social advertising dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Untuk Rumah Makan Bakso Surabaya di Bahu agar mempertahankan  harga, memaksimalkan penggunaan social media advertising untuk mempromosikan dan word of mouth sehingga dapat lebih menarik konsumen dalam membuat keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Persepsi Harga, Media Social Advertising, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2023-09-08