PENGARUH VIRAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG DI WISATA RUMAH ALAM MANADO ADVENTURE PARK

Authors

  • Talita Jenifer Mamangkey Universitas Sam Ratulangi
  • Agus Supandi Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Raymond Ch. Kawet Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.51039

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan ekonomi Indonesia saat ini. Aktivitas berwisata atau biasa disebut traveling tidak hanya dilakukan oleh para pecinta alam saja, namun mulai meluas dikalangan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pengunjung, untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pengunjung, untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pengunjung  di wisata Rumah Alam Manado Adventure Park. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan dari hasil uji secara simultan Viral Marketing, Kualitas Pelayanan, berpengaruh secara bersama-sama terhadap Keputusan pengunjung di Rumah Alam Manado Adventure Park. Dan hasil uji parsial di peroleh bahwa variabel viral marketing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pengunjung di Rumah Alam Manado Adventure Park, sedangkan kualitas pelayanan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pengunjung di Rumah Alam Manado Adventure Park. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, berikut merupakan saran untuk rumah alam manado adventure park agar dapat memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada para pengunjung yang ada agar supaya mereka juga bisa merasa lebih nyaman ketikan akan berkunjung di sana.

 

Kata kunci: Viral Marketing, Kualitas Pelayanan

Downloads

Published

2023-09-08