PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG ONLINE (STUDI PADA KONSUMEN BAG STORE MANADO)

Authors

  • Verronica Jacklyn Tapada Universitas Sam Ratulangi
  • James D. D Massie
  • Maria V. J. Tielung

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51088

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat termasuk internet telah membawa dampak yang besar dalam berbagai aspek, tidak terkecuali perkembangan dunia bisnis dan pemasaran. Sektor bisnis merupakan sektor yang paling cepat terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia bisnis mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Online shopping atau belanja online via internet adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari seorang penjual yang melakukan proses penjualan melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian barang online konsumen Bag Store Manado. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara simultan penggunaan media sosial dan perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun secara parsial penggunaan media sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Untuk bag store manado agar mempertahankan dan meningkatkan lagi faktor perilaku konsumen yang sudah ada, serta perlu adanya perhatian lebih terhadap penggunaan media sosial yang di terapkan sehingga hal tersebut dapat membantu meningkatkan keputusan pembelian.

Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Perilaku Konsumen,Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2023-11-08